Minggu, 01 Mei 2011

PENYAMBUNGAN
Penyambungan tanaman merupakan penyatuan antara batang atau cabang atau ranting (dengan dua atau tiga mataa tunas) dengan batang atau cabang atau ranting yang terpisah dari lain tanaman yang sejenis dengan cara menyambungkan atau memasukkan atau menempatkannya sedemkian rupa sehingga akan terjadi persatuan dua jenis tanaman yang akan tumbuh menyatu membentuk tanaman baru.
Untuk memperoleh tanaman sambungan yang baru diperlukan batang bawah dan batang atas yang keadaan dan sifat-sifatnya baik, antara lain:
1. Batang atas berasal dari tanaman yang kuat, sehat, menghasilkan buah banyak dan berkualitas tinggi.
2. Batang bawah kuat, mempunyai perakaran yang kuat, dan tahan terhadap penyakit.
3. Batang atas dan batang bawah berkecepatan tumbuh sama agar dapat hidup serasi.
Proses penyambungan celah merupakan salah satu cara penyambungan dengan menggunakan bagian pucuk entres yang terdiri atas beberapa tunas. Berbeda dari cara penempelan, cara ini cukup sederhana dan mudah dilakukan. Penyambungan juga sudah dapat dilaksanakan pada saat batang bawah yang masih muda sekalii, yakni pada saat penempelan masih sulit dan tidak mungkin dilakukan.
• Pelaksanaan sambung celah
a. Potonglah batang bawah setinggi 10-15 cm diatas leher akar.
b. Bekas potongan batang bawah tadi dibelah menjadi dua bagian yang sama besar sepanjang 2 cm.
c. Pucuk entres disiapkan pada celah batang bawah dengan hati-hati.
d. Selanjutnya, bagian sambungan diikat rapi.
e. Bagian pucuk entres kemudian disungkup dengan kantong plastic bening. Tujuannya adalah untuk menjaga dan mempertahankan kelembapan sehingga pucuk entres tidak mengalami kekeringan.
f. Bibit sambungan ini dipelihara ditempat yang teduh dan dijaga kelembeban medianya.
g. Apabila setelah 2-3 minggu setelah penyambungan pucuk entres masih kelihatan hijau dan segar, itulah tanda bahwa penyambungan berhasil. Sungkup plastik sudah dapat dibuka, tetapi tali pengikat pada bidang sambungan tetap dibiarkan hingga pertumbuhan bibit sudah betul-betul kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar